RSS

Berikan Yang Terbaik Untuk Pemimpin Masa Depan

07 Oct

#LombaBlogNUB

Berbicara tentang pemimpin pastinya salah satu yang terpikir dibenak kita adalah sosok yang hebat, pintar, bijaksana, cerdas, dln. Seorang Pemimpin tentunya harus cerdas, cerdas dalam mengambil keputusan, cerdas dalam membaca situasi, cerdas dalam menghadapi masalah-masalah yang dihadapi, dln. Lalu mungkin akan timbul pertanyaan, ”Bagaimana sih biar jadi orang seperti itu? Apa yang harus dilakukan dan diperhatikan agar anak cerdas? apa saja yang mempengaruhi tingkat kecerdasan seseorang? ”

Apa Yang mempengaruhi kecerdasan anak?

Ternyata menurut banyak penelitian kecerdasan anak dipengaruhi oleh (minimal) 3 faktor utama, yaitu faktor genetik (keturunan), faktor lingkungan, dan faktor Asupan Gizi.

Yang mau saya bahas adalah faktor yang ketiga, yaitu  Asupan Gizi. Saya bukan dokter ataupun ahli gizi, saya hanya ibu rumah tangga biasa yang ingin berbagi, sekaligus mempelajari lagi apa-apa yang sudah dan belum saya tahu, demi memberikan yang terbaik untuk sang buah hati, calon pemimpin masa depan.

Terkadang sering kita jumpai ibu-ibu hamil yang istilahnya ”EGP” (emang gue pikirin) alias cuek banget dengan apa yang dimakannya. Apa aja masuk., yang penting makan. Tidak peduli dengan kandungan gizinya. Padahal Ternyata Asupan nutrisi sudah harus dimulai sejak si bayi di dalam kandungan lho bu! Pemberian Gizi yang seimbang sejak dari dalam kandungan dapat mempercepat perkembangan sel-sel otak dan semakin bagus juga kualitas percabangan sel-sel otaknya.

Lalu nutrisi yang seperti apa yang dibutuhkan untuk merangsang sel-sel otak tersebut? Berikut saya coba tuliskan beberapa zat yang penting bagi tubuh dan sel otak, plus dari makanan apa saja bisa kita dapatkan (tips : pasti ribet nih  menghapal istilah-istilahnya, saran saya lebih diperhatikan contoh sumber makanannya sih, hehe🙂 )

  • AA (Arachidonic acid) dan DHA (Docosahexanoid acid)

Zat Gizi ini masuk golongan asam lemak esensial, tidak bisa dibentuk oleh tubuh, karena itu perlu asupan dari luar. Kalau bayi yang masih menyusui bisa didapat dari ASI, kalau dari makanan bisa dari ikan-ikanan seperti ikan tuna, ikan salmon,makarel, sarden, daging,telur, dln. Bagus sekali untuk merangsang saraf pusat dan penglihatannya. Sedangkan DHA berperan dalam pembentukan sel-sel saraf dan cabang-cabangnya.

  • Asam Amino

Asam Amino ini pembentuk struktur otak dan zat penghantar rangsangan. Ia juga berperan penting dalam pembentukan seratonin yang terlibat dalam sistem saraf atau acety choline yang penting sekali untuk daya ingat.  Asam amino bisa kita dapatkan dari protein hewani (daging sapi,ayam,telur dan olahan produk olahan susu. Kalau dari protein nabati bisa dari kedelei, gandum,coklat,biji labu,kacang-kacangan,kacang polong,kacang tanah, jagung, dan lain-lain.

  •  Vitamin B

Vitamin ini adalah salah satu vitamin yang sangat penting, bahkan sejak si buah hati masih di dalam kandungan. Vitamin B9, Bc atau yang biasa kita kenal sebagai asam folat. Asam folat berperan penting dalam berbagai fungsi tubuh mulai dari sintesis DNA, memperbaiki DNA, metilasi DNA, berperan  penting dalam perkembangan dan pembelahan sel pada masa kehamilan dan pertumbuhan. kekurangan asam folat pada janin dapat mengakibatkan beberapa kondisi yang sangat serius seperti bayi yang lahir akan mengalami cacat bawaan lahir

Pada Anak dan dewasa Vitamin B ini Untuk membantu perkembangan otak dan mengaktifkan fungsi otak, bisa meningkatkan memori dan meningkatkan konsentrasi. Kekukrangan vitamin B ini bisa menyebabkan kehilangan memori,perubahan suasana hati dan mempengaruhi mental. Bisa didapatkan dari menu daging sapi, daging domba, ikan, telur, bayam, wortel, Sereal oatmeal, kacang-kacangan, biji bunga matahari,dln.

  • Zat Besi

Ini salah satu zat yang penting banget nih bu! Anak yang kurang zat besi biasanya mudah lemas/lelah, kurang  konsentarasi, bahkan bisa juga tingkat kecerdasannya rendah. Kalau anak masih bayi biasanya di usia 4 bulan dianjurkan untuk diberikan zat besi. Yang mengandung zat besi diantaranya kulit dan daging kentang, kacang-kacangan, gandum,buah prune, sayur bayam,sayur kangkung, telur,daging sapi, aprikot,jeruk,kacang hijau, kedelai,dan lain-lain.

  • Vitamin E

Baik sekali untuk pertumbuhan rambut dan kulit, juga berfungsi sebagai anti oksidan dan penghambat perkembangan penyakit alzeimer. Bisa didapat dari hazelnut,almond, sayuran hijau,dln.

  • Yodium

Ingat iklan yang dulu sering muncul di televisi yang gencar sekali  menyuruh memilih garam yang beryodium? yodium memang penting sekali untuk perkembangan otak dan membentuk hormon tiroid yang mempunyai efek kepada perkembangan otak, membuat peka sistem saraf dan meningkatkan aktivitas otak.  kekurangan yodium bisa menyebabkan rendahnya kecerdasan. Selain dari  garam beryodium, sumber lainnya bisa juga didapat dari ikan salmon, Tuna, Kerang, Cod, Herring, kelapa, rumput laut, susu, dln.

  • Tyrosine dan Tryptophane

Adalah asam amino yang sangat penting, karena sebagai bahan baku dalam pembuatan neurotransmitter katekolamin dan seratonin yang sangat berpengaruh kepada pengendalian diri dan mental, pemusatan perhatian, konsentrasi, emosi, prilaku anak.  Asupan ini bisa didapatkan pada keju, hati ayam, alpukat,pisang,ragi, ikan, daging.

  • Asam Lemak Omega 3,6,9

Tiga asam lemak ini adalah yang paling penting untuk tubuh, baik sekali untuk sistem saraf pusat dan otak. Kalau dalam kesehatan juga asam lemak ini memiliki efek anti peradangan dan anti penggumpalan darah. Asam lemak ini juga dapat mencegah gangguan mental, depresi, dan hiper aktif pada anak.

Asam lemak ini bisa diperoleh dari sumber makanan seperti kacang walnut, sayuran hijau, ikan salmon, ikan tuna, minyak jagung, minyak kedelai, biji-bijian, serelia, kacang-kacangan, minyak zaitun,dln.

  • Sphingomyelin

Berguna untuk pembentukan myelin, menyelimuti sel syaraf yang akan membantu impuls sel syaraf tersebut, mempercepat impuls sel saraf satu dengan yang lainnya. Zat ini bisa di temukan di ASI, Susu sapi, kedelai.

  • Sialic Acid (SA)

dibutuhkan untuk pembentukan gangliosida yang berperan penting dalam penghantaran impuls dari sel saraf satu ke yang lainnya, berpengaruh kepada kecepatan belajar, pembentukan memori,dln. Sumbernya dinataranya adalah: susu, kacang-kacangan, daging sapi,dln.

Sudah mulai tahu beberapa  nutrisi yang bagus untuk perkembangan otak si kecil kan bu? yukkkk kita mulai menyusun menu harian makan sehat untuk si kecil dan keluarga, atau kalau yang dedeknya masih di dalam kandungan mulai yuk mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang. Dengan asupan gizi yang seimbang, kelak  akan tercipta pemimpin bangsa yang cerdas dan sehat..!!

#LombaBlogNUB

 
Leave a comment

Posted by on October 7, 2013 in NUTRISI UNTUK BANGSA

 

Tags: , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: