RSS

Mengatasi Keputihan

21 Jun

Keputihan adalah: keluarnya cairan kental dari vagina yang bisa saja terasa gatal, rasa panas atau perih, kadang berbau, atau malah tidak merasa apa-apa. Kondisi ini terjadi karena tergangggunya keseimbangan flora normal dalam vagina, dengan berbagai penyebab.

Penyebab keputihan antara lain: infeksi oleh mikroorganisme (jamur Candida albicans, bakteri Neisseria gonorrhoea, parasit Trichomonas vaginalis), gangguan keseimbangan hormon, stres dan kelelahan kronis, peradangan alat kelamin, benda asing dalam vagina, atau merupakan gejala adanya penyakit dalam organ kandungan seperti kanker rahim, dan sebagainya.

Ada yang memang cuek dengan keputihan (biasa yang masih dalam batas normal), namun ada pula yang sangat terganggu dengan si putih ini, karena bisa juga menyebabkan rasa gatal dan tidak nyaman.

Sebetulnya sudah banyak obat yang di jual bebas dipasaran untuk mengatasi keputihan, namun jika anda ingin mencoba Obat dan tips yang Alami, mungkin anda bisa mencoba yang berikut ini :

  • Daun sirih, rebus beberapa lembar daun sirih, lalu airnya gunakan untuk mencuci bagian daerah kewanitaan, bisa juga diminum, namun porsinya jangan terlalu berlebihan ya.
  • Sering mengganti pakaian dalam, serta gunakan celana dalam yang bersih,tidak ketat, dan bisa menyerap keringat.
  • Sering -sering mengganti pembalut saat haid
  • Keringkan daerah kewanitaan setiap kali selesai buang air kecil dengan tisue atau kain.
  • Hindari stress dan kelelahan, coba deh kamu perhatikan, biasanya stress dan kelelahan bisa memicu keluarnya keputihan lho!
  • Selalu membersihkan dari arah depan ke belakang setelah berkemih ataupun buang air besar. Bila ke arah kebalikannya maka infeksi bakteri akan mudah masuk ke vagina dan menyebabkan infeksi.
  • Jika terasa gatal, jangan di garuk, karena bisa menyebabkan infeksi di daerah kewanitaan.
  • Kunjungi dokter special kulit dan kelamin, jika cara-cara diatas belum mampu mengobati keputihan yang anda alami. Dokter mungkin bisa membantu mengobati dengan cara yang lebih tepat dan cepat. kalau anda malu ke dokter cowok, pilihlah konsultasi ke dokter wanita.

Sekian tipsnya,untuk yang ingin menambahkan silahkan di coment ya, semoga bermanfaat..

 

Tags: , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: