RSS

Menggosok gigi anak

14 Jun

Persoalan menggosok gigi anak tampaknya sepela, namun peranannya sangat penting untuk kesehatan dan kebersihan si anak. Menggajarkan atau menggosok gigi anak itu gampang – gampang susah. Kenapa saya bilang begitu? karena saya pun mengalami kesulitan ketika menggosok gigi anak saya yang saat ini berumur 2,3 tahun.

Sebenarnya sejak menginjak umur 9 bulan sudah pernah saya coba menggosok gigi anak dengan menggunakan sikat gigi anak, namun selalu saja gagal. Lalu saya coba lagi ketika dia umur 1,5 tahun, 1,8 tahun,lalu yang terakhir ketika pas umur 2 tahun.

Waktu itu secara tidak sengaja dia (kenzie, 2 tahun) menemukan dua buah sikat gigi nenek dan kakeknya tergeletak diatas bak mandi, lalu dia ambil, saat itu saya hanya memperhatikan saja. Apa yang akan dia lakukan dengan sikat gigi itu?

Dan ternyata dia tahu itu sikat untuk menyikat gigi dan dia lalu seperti menyikatkan ke giginya (seperti orang sedang menggosok gigi). Lalu saya berpikir lagi, o..Mungkinkah dia lebih tertarik dengan sikat gigi ukuran besar / dewasa daripada sikat gigi balita yang berukuran kecil?

Akhirnya kami membelikannya sebuah sikat gigi dewasa namun yang bulunya lembut, jadi tidak khawatir akan melukai gusinya. Selain sikat gigi juga saya menyiapkan odol khusus anak dengan rasa jeruk. Awalnya memang berontak. Pertama kali dia teriak dan menangis kencang – kencang, tapi tidak saya gubris.. saya waktu itu berpikir, ” kalau di yang pertama ini hanya karena tangisannya saja saya berhenti, bisa – bisa nanti diberikutnya dia akan menggunakan tangisannya juga untuk agar tidak disikat giginya.”

Lalu untuk kali kedua : Masih menangis dan berontak, hanya saja sudah lebih berkurang sedikit dari yang waktu pertama kali.

Kali ketiga : berontak dan menangisnya sudah jauh berkurang…

Kali keempat : dia sudah tidak menagis ataupun berontak.

Kali ke lima : dia dengan senang hati menyodorkan giginya untuk disikat. Hfff…

Untuk bunda yang mungkin punya problem dengan menyikat gigi anak mungkin bisa mencoba cara diatas juga, tapi ada beberapa saran saya dalam melakukannya :

  • Pemaksaan jangan sampai menyebabkan luka fisik pada gusi anak. Anda tegas, namun jangan sampai membuat anak ketakutan.
  • Jelaskan alasan mengapa giginya harus disikat.
  • Berikan pujian jika sudah selesai menggosok gigi, seperti : tuh, dede pinter kan? atau udah gosok gigi jadi ganteng kan? atau hebat, dede pinter gosok giginya.. dan lain-lain..
  • Berikan model sikat gigi yang kira-kira disukai anak. kan banyak tuh bun sikat gigi lucu-lucu..
  • Siapkan odol khusus anak-anak. selain karena rasanya, biasanya juga odol anak-anak lebih aman jika tertelan..

Sukses ya bunda…!!

Bisnis sambilan untuk bunda di rumah, klik www.bisnis-bunda.tk

 

Tags: , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

 
