RSS

Agar Anak Tidur Nyenyak

14 Jun

Cukup tidur adalah salah satu faktor yang mempengaruhi tumbuh kembang anak. Anak yang cukup tidur akan tumbuh lebih baik, baik dari sisi fisik mau pun sisi psikologinya. Anak yang kurang tidur akan cenderung rewel,mudah kesal, berat badan pun akan sulit naik (naik hanya sedikit demi sedikit), karena itu tidak jarang orang tua menjadi resah jika sang anak tidurnya malam atau sering terbangun ditengah malam.

Berikut adalah beberapa tips yang bisa dicoba oleh bunda dalam mengatasi anak susah tidur:

  • Kenyangkan anak terlebih dahulu, Jika anak bunda masih bayi dan masih menyusu,puas kan dulu menyusunya sebelum dia tidur. Jika anak bunda sudah bisa mengkonsumsi makanan, berikan makanan yang bergizi dan mengenyangkan, cemilan atau biskuit sebelum tidur juga boleh…
  • Jika bayi bunda masih memakai diapers, gantilah diapersnya sebelum dia tidur, agar dia tidak terganggu dengan diapers yang basah atau kepenuhan.
  • Jangan biasakan anak tidur menjelang sore. Jika anak tidur menjelang sore, maka otomatis jam tidur malamnya pun akan mundur.
  • Pakaikan baju yang menyerap keringat dan nyaman, kalau perlu yang berkancing, ini agar memudahkan membukanya jika di malam hari bajunya basah oleh keringat dan harus dibuka, sehingga si kecilpun tidak perlu dibangunkan dalam menggantinya,tapi cukup membuka kancing dan memiringkan saja, berbeda dengan baju yang tanpa kancing yang agak sulit melepasnya.
  • Jika anak bunda sudah biasa pipis sendiri, sebelum tidur ajaklah ia  pipis, agar tengah malam nanti dia tidak terbangun karena ingin pipis.
  • Jauhkan televisi dari kamar tidur anak.
  • Putarkanlah musik atau murattal yang membuat suasana mengantuk.
  • Jika di rumah bunda adalah kawasan yang banyak nyamuk, pasanglah kelambu atau pakaikan lotion obat nyamuk untuk anak. Walaupun kadang nyamuk tidak menggigit anak,tapi seringkali bunyi dengungnya pun bisa mengganggu tidurnya.

selamat mencoba bunda…

Bisnis yang bisa dijalankan sambil menina-bobokan anak, klik www.bisnis-bunda.tk

 
 

Tags: , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: