RSS

Tips Agar Anak Mau Sufor

13 Jun

Asi ekslusif memang bagus untuk daya tahan anak, namun setelah Asi eksklusif enam bulan, biasa si anak tidak mau minum susu formula, walaupun hanya sebagai tambahan dan ASI-nya tetap diberikan. Itu juga yang saya rasakan ketika kenzie selesai masa ASI eksklusifnya. Satu setengah tahun saya mencari tahu dan berusaha agar kenzie.

Berbagai Cara telah dicoba, berbagai merek susu pun dicoba, mulai dari yang murah maupun yang mahal sekalipun, tujuannya hanya satu, agar dia mau minum susu formula (karena bagaimanapun semakin lama kulitas dan kuantitas ASI ibu kan pasti berkurang).

Pada Umur  satu tahun, karena sering melihat kakak sepupunya sering minum susu botol instan, akhirnya dia mulai mau minum susu tambahan, tapi yang susu instan botol kecil-kecil rasa buah.. saya mulai sedikit tenang, namun sehari dia bisa menghabiskan 15 -20 botol, hfff…lumayan kan kalau dihitung pundi-pundi rupiahnya?hehe

Namun, lebaran kemarin (2010), saya ajak dia mudik ke kampung halaman, dan kebetulan disebelah rumah tinggal dua keponakan yang kembar yang masih berumur 1,5 tahun dan keduanya memang hanya mengkonsumsi Sufor.

Sebenarnya tanpa sengaja, selama lima belas hari di rumah kenzie sepertinya memperhatikan setiap kali si kembar minum Sufor dari botol dotnya. Dan pada suatu hari, beberapa hari sebelum balik ke bogor, tau-tau salah satu botol susu si kembar yang tergeletak diminumnya tanpa permisi dan sampai habis! lho, kok anakku jadi mau minum sufor ya?

Setibanya di bogor, saya cari lagi koleksi botolnya sewaktu masih bayi (dulu setiap melihat botol unik,saya sering beli,berharap dengan botol unik dan lucu tersebut dia mau minum sufor,tapi ternyata sia-sia). Sayapun membelikan sekoa sufor kemasan 300gr (trauma,pernah beliin yang kaleng,tapi akhirnya tidak  diminum), dan alhamdulillah dia langsung mau.. dan sekarang alhmdulillah sehari bisa minta sufor 2-4kali sehari dan konsumsi susu botol instan yang selama ini diminumnya pun berkurang.

Anak memang peniru yang ulung dan mudah-ikutan, maka bunda bisa memanfaatkan sifatnya tersebut untuk hal-hal yang positif, semoga berhasil bunda…

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: