RSS

Menyapih Si Kecil

13 Jun

Menyapih adalah suatu proses berhentinya masa menyusui secara berangsur-angsur atau sekaligus. Ini adalah keputusan yang sangat tergantung dari masing-masing individu (bayi/anak dan ibu) yang juga dapat dipengaruhi oleh faktor eksternal lain, misalnya kondisi keluarga dsb.
Adalah kewajiban seorang ibu untuk menyusui anaknya selama dua tahun (jika bisa), lalu setelah dua tahun? STOP ASI.
Banyak ibu yang biasanya sampai kehabisan akan untuk memberhentikan,berikut ada beberapa tips yang mungkin bisa bunda terapkan kepada si kecil yang akan berhenti menyusu :

  • Lakukan proses menyapih secara perlahan. Mis. Mengurangi secara bertahapfrekuensi menyusu. Biasanya 4 x sehari maka secara perlahan diubah 3 xsehari terus hingga akhirnya berhenti.
  • Tunggulah anak sampai merasa haus, karena biasanya kalau sudah haus anak akan menerima apa saja yang diberikan, seperti susu botol atau air putih.
  • Mengkomunikasikan situasinya dengan anak.
  • Memberi makan dan minum agar anak selalu kenyang sehingga lupa pada ASI
  • Pastikan kondisi anak yang akan disapih dalam keadaan sehat, tidak sakit.
  • Alihkan perhatian anak / sibukkan anak dg hal lain. Bisa dg membacakanbuku ke anak, bermain, bernyanyi, dsb. Hingga anak melupakan saat menyusu.
  • Memberi empeng atau dot sebagai pengganti puting
  • Hindari menyapih secara mendadak/langsung. Apalagi tanpa komunikasi apapun dg si anak.
  • Konsisten. Jangan merasa bersalah.

Yang tidak disarankan dalam penyapihan:

 

  • Menitipkan anak ke rumah kakek-neneknya. Kehilangan ASI saja sudah cukup menyakitkan, apalagi ditambah kehilangan figur ibu. Ingat lo, anak kecil umumnya belum memiliki kemampuan adaptasi yang baik. Jadi, dapat dibayangkan kondisi seperti ini bisa mengguncang jiwa anak, sehingga tak menutup kemungkinan anak merasa ditinggalkan.
  • Tidak disarankan untuk Bunda memberikan yang pahit-pahit atau yang tak enak itu. Soalnya nih, selama 2 tahun Bunda menyusui kan sudah ada kedekatan dengan anak, kalau kemudian dinodai dengan si pahit dan tak nyaman, akan rusaklah kedekatan yang sudah terbangun itu.

semoga bermanfaat

 

 

Pengalaman menyapih kenzie:

Sebanarnya sih proses penyapihan secara pelan-pelan, seperti mengurangi frekuensi menyusunya sudah aku lakukan sejak dua minggu yang lalu. Namun, untuk menyapih secara total baru aku lakukan sejak lima hari yang lalu…

Awalnya memang aku usahakan tidak pakai pahit-pahit,cuma akhirnya terpaksa juga aku pakai kopi juga sekali, namun tidak sampai mencicipi, cukup melihat saja, dia tidak jadi menyusu.

Di siang hari memang terasa mudah menyapihnya, namun di malam hari baru terasa, karena kebiasaan kenzie yang biasanya kalau mau tidur harus disusui dulu, dan kalau bangun sedikit pasti mencari susu. Di malam pertama, dia menangis karena tidak disusui, nggak tega rasanya..cuma aku pikir..kalau kali ini aku kasih, maka untuk selanjutnya pasti dia akan meminta dengan menangis terus.. aku berusaha bertahan dan mengalihkan perhatiannya dengan mainannya, hingga alhmdulillah dia tertidur lagi…

Dihari ke dua dia masih rewel, malam pun masih menangis, hanya saja sudah lebih baik, menangisnya sudah sebentar, dan mau minum susu botolnya. Sebagai ganti menyusu, saya jadi lebih sering menemaninya bermain.

Dihari ke tiga dia sudah agak lupa, tapi tanpa diduga dia terserang batuk flu. Bingung memang, diteruskan atau tidak ya? akhirnya dia aku bawa ke dokter, dan kata dokter kalau porsi makannya tidak berkurang dan tetap mau minum susu botolnya, teruskan saja menyapihnya, kecuali kalau dia sudah tidak mau makan atau minum susu…

Sekarang, sudah di hari ke lima.. dia sudah bisa tertidur dengan sendirinya (tanpa harus menyusu dulu), sewaktu bangunpun sudah jarang menangis.. Alhamdulillah, penyapihannya berjalan lancar…

 

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: