RSS

Tips Agar ASI lancar pasca melahirkan

12 Nov

Agar ASI Lancar Pasca Melahirkan

Setiap ibu pasti inginnya bisa menyusui bayinya secara eksklusif. Namun, seringkali banyak juga yang menemukan kendala, terutama pada ibu-ibu muda yang baru pertama kali punya bayi. Kok ASI saya sedikit ya? kok ASI saya tidak keluar? kok bayi saya lebih suka susu dot daripada ASI saya?

Berikut tips yang mungkin bisa bunda jalankan dalam mempersiapkan ASI untuk si kecil :

Semasa hamil:

  • Bersihkan puting dengan cottonbat yang dilumuri baby oil secara rutin.
  • Lakukan pemijatan secara berkala pada payudara.
  • Perbanyak Konsumsi sayuran hijau setiap hari, seperti katuk,bayam,dln.

Setelah Melahirkan:

  • Jika anda melahirkan dengan cara normal, biasanya beberapa menit setelah melahirkan anda akan disuruh menyusui bayi anda, Lain halnya dengan bunda yang melahirkan dengan operasi caesar yang baru akan bisa menyusui bayi setelah beberapa jam (setelah biusnya hilang), Jika anda caesar tapi anda ingin bayi anda mendapatkan ASI eksklusif, jangan sungkan-sungkan, sampaikan kepada dokter dan perawat tentang hal tersebut, agar bayi anda tidak diberikan susu formula (memang, ada beberapa rumah sakit yang biasanya bertanya dulu apakah si bayi akan ASI eksklusif atau tidak, namun ada juga rumah sakit yang tidak melakukan prosedur tersebut)
  • Jika Kondisi sang ibu masih lemah dan belum memungkin untuk memberikan ASI, maka berikan lah susu formula, hanya saja JANGAN berikan dengan melalui botol dot, melainkan diberikan dengan memakai sendok. Anak yang sudah mengenal dot sebelum mengenal puting ibunya pada umumnya akan lebih condong memilih dot,bahkan tidak akan mau menyusu sama sekali kepada ibunya. Karena si bayi sudah merasa keenakan, dengan dot dia tak perlu berusaha dalam mengencot, sedangkan kalau ASI ibunya dia harus menyedot/mengencot dulu baru mendapatkan airnya.
  • Jika ASI anda sedikit atau belum lancar, maka sering-seringlah menyusui bayi anda. Semakin sering bayi anda menyusu, maka akan semakin banyak produksi air susu. Hal ini pernah saya alami, waktu itu ASI saya masih sedikit dan saya khawatir bayi saya tidak kenyang dan terpikir untuk menambahnya dengan memberikan susu formula. Namun kata bidan saya,” Biar ASI-nya banyak,Susui aja sesering mungkin walaupun airnya sedikit”, dan ternyata betul, beberapa hari kemudian ASI saya melimpah.
  • Jika bayi anda sudah terlanjur lebih menyukai dot dan tidak mau menyusu, lakukan perubahan pelan-pelan. Mulai dari memeras ASI anda, lalu memasukkannya ke botol dot, jika dia mau meminum ASI anda dari dot, mulailah perlahan mengalihkannya kembali  agar menyusu langsung kepada anda.

semoga berhasil ya bunda…


next �
 
 

Tags: , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

 
