RSS

Tips Transaksi Aman (2)

02 Nov

Kalau di tulisan sebelumnya saya pernah membahas tisp transaksi aman untuk pembeli/pelanggan, berikut adalah transaksi aman untuk penjual.

Bertransaksi online sudah menjadi hal yang biasa saat ini, transfer uang, cek transfer,kirim barang.Namun, terkadang masih ada saja kejahatan yang terjadi, entah itu kejahatan seperti  hipnotis by phone, maupun penipuan dalam pembayaran barang.

Sebenarnya ini modus lama dan sudah ada sejak saya remaja, hanya saja modus ini terus terulang lagi dan ada saja lagi yang mengalaminya walaupun dalam kasus yang berbeda.

Kalau dulu hipnotis melalui telpon biasanya dilakukan dengan iming-iming mendapatkan hadiah undian, sekarang mulai muncul lagi,tapi dengan cara yang berbeda, yaitu dengan berpura-pura ingin memesan barang, lalu menjanjikan uangnya akan di ditransfer. Biasanya si pelaku menelpon atau minta di telpon balik, dan mengatakan bahwa dia sudah mentransfer uangnya dan menyuruh anda untuk mengecek saldonya dan jika anda bilang transferannya belum masuk,maka si pelaku akan menyuruh anda lagi mengecek ulang (biasanya telponnya dibiarkan tersambung), si pelaku akan menanyakan berapa saldo anda yang tertera di mesin ATM.

Karena perhatian anda sedang terpecah antara telpon dan rekening anda, si pelaku tentunya akan lebih mudah masuk ke alam bawah sadar anda dan dengan mudahnya anda akan mengikuti apa yang disuruh pelaku yang justru menyuruh mentransfer balik saldo tabungan anda.

Untuk mengatasi hal diatas, ada baiknya hindari kontak telpon dan transaksi yang mencurigakan. Kalau anda sudah biasa melakukan transaksi online, alangkah baiknya aktifkan internet banking anda,jadi untuk mengecek saldo/transaksi anda tidak pelu langsung ke ATM (kalau di ATM untuk transfer tinggal memasukkan jumlah dan nomor rekening, di net banking anda masih harus memasukkan kode dari alat/token). Kalau memang orang tersebut ngotot bahwa dia sudah transfer, mintalah di mengirimkan bukti transfernya ke email atau fax anda.

Sedangkan cara lainnya adalah dengan menjanjikan akan mentransfer uangnya setelah barang dikirim. Untuk anda yang punya toko online, jangan sesekali mengirimakan barang yang uangnya belum anda terima, terutama jika alamat pengirimannya berbeda kota dengan kota tempat anda tinggal, walaupun orang tersebut memang sudah pernah berbelanja cash di toko anda.

semoga transaksi anda lancar dan sukses selalu…

Peluang bisnis online dari rumah, klik www.peluangbisnisdarirumah.tk

 
Leave a comment

Posted by on November 2, 2010 in Tips transaksi aman

 

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: